Senin, 12 Mei 2014

RAK Non Faktorial Dan RAK Faktorial dengan Microsoft Xcel

Pada postingan kali ini saya akan berbagi sedikit yang saya ketahui tentang Rumus mencari
 "RAK Non Faktorial Dan RAK Faktorial dengan Microsoft Xcel"

pada postingan ini saya tidak menjelaskan begitu mendetail cara-caranya, saya hanya akan melampirkan foto dari hasil yang saya kerjakan di Microsoft Xcel. pada gambar yang saya masukkan tulisan merah adalah 
"RUMUS" dari cara mencari dengan Microsoft Xcel. 
untuk sobat yang ingin lebih mendetail sobat sekalian dapat membaca dahulu postingan saya sebelumnya :
ok langsung saja...

1. Pengerjaan RAK Non faktorial dengan Microsoft Xcel.
langkah pertama selesaikan dulu


  • jumlah perlakuannya
  • jumlah blok
  • faktor koreksi
  • db perlakuan
  • db blok
  • db galat
  • db total
  • jk total
  • jk perlakuan
  • jk blok , dan
  • jk galat


pada tulisan berwarna merah adalah "RUMUS"

Nah selanjutnya buat Tabel Sidik Ragam nya :
  • untuk mencari KT , F.hitung dan F tabel Rumusnya yang berwarna merah


2. pengerjaan RAK Faktorial dengan menggunakan Microsoft Xcel.
langkah pertama selesaikan dulu :
  • jumlah ulangan ( blok )
  • jumlah perlakuan 1
  • jumlah perlakuan 2
  • faktor koreksi
  • db blok
  • db perlakuan 1
  • db perlakuan 2
  • db galat
  • db total
  • jk total
  • jk perlakuan
  • jk blok , dan
  • jk galat



selanjutnya buat tabel Dua arahnya :
tujuan dari pembuatan tabel dua arah yaitu untuk mencari :
  • jk K (perlakuan 1)
  • jk V (perlakuan 2)
  • jk interaksi ( k x v )
  • jk galat
untuk membuat tabel 2 arah kita memasukkan data dari jumlah pada kolom V1 di baris K0 kita mengambil datanya dari jumlah K0V1 dan seterusnya. (Tulisan yang berwarna merah adalah RUMUS yang di gunakan di M cel).
langkah selanjutnya buat tabel sidik ragam


untuk cara mencari KT , F.hit dan F tabelnya rumus yang tulisan berwarna merah


sekian postingan saya kali ini....

Baca Juga :

"Cara Mengerjakan RAL Non Faktorial Dengan Menggunakan M Xcel"

0 comments:

Posting Komentar